diet saat puasa ramadhan

Cara Diet Mudah Saat Puasa Ramadan-Hai, Journalist.

Bagaimana puasanya? Lancar?

Tak terasa bulan suci Ramadan sudah hampir berakhir. Waktunya Umat muslim semakin khusyu’ beribadah. Namun, ada suatu fenomena unik selama bulan Ramadan, yaitu kenaikan berat badan. Ketika Lebaran tiba, Anda mungkin juga mengalami lebar-an (lebih lebar). Banyak alasan untuk hal ini, seperti perubahan pola makan, ngemil di malam hari, hingga sulit mengatur waktu berolahraga.

Meski demikian, bukan berarti Anda tidak bisa menurunkan berat badan sambil menjalankan ibadah puasa.

Berikut ini 8 cara diet mudah saat puasa Ramadan yang bisa Anda praktikkan di rumah agar memiliki tubuh langsing, sehat, dan bugar di bulan Ramadan.

1. Perbanyak Minum Air Putih

diet saat puasa tanpa olahraga
Sumber gambar: Freepik.com

Berbukalah dengan yang manis, sepertinya slogan ini ditanggapi salah oleh banyak orang. Saat puasa, metabolisme tubuh melamban sehingga berbuka dengan makanan berat akan mengejutkan perut.

Untuk itu, Anda wajib tahu, apa saja menu berbuka sehat dan cocok membantu proses diet secara maksimal.

Di sini dianjurkan untuk berbuka dengan 3 butir kurma dan 2 gelas air putih. Kenapa Kurma?

Tak lain karena Kurma mengandung gula alami yang dibutuhkan tubuh dan dapat diserap dengan cepat. Ini juga sesuai dengan anjuran Rasulullah SAW, kan?

Minum 8 gelas air putih saat puasa dengan memakai rumus 2-2-2-2: Dua gelas saat sahur, dua gelas ketika berbuka puasa, dua gelas setelah Tarawih, dan 2 gelas sebelum tidur.

2. Berbuka Secukupnya dan Gizi Seimbang

menu diet saat puasa
Sumber gambar:Freepik.com

Jangan buru-buru makan berat setelah membatalkan puasa dengan kurma dan air putih. Beri jeda sejenak agar tubuh menyesuaikan diri. Sholat maghrib lebih dulu bisa memberi kesempatan perut beradaptasi.

Makan dengan porsi berlebihan bisa meningkatkan gula darah secara tiba-tiba. Padahal tubuh tidak memproduksi banyak insulin ketika puasa. Supaya tidak makan berlebihan, coba pakai piring yang ukurannya lebih kecil. Dan jangan lupa, menu sehat wajib diterapkan. Yaitu: sayuran, lauk, dan buah-buahan harus memiliki takaran gizi seimbang. Sangat tidak dianjurkan bagi pelaku diet berbuka puasa dengan jumlah nasi lebih banyak dibanding menu lainnya karena alasan lapar, ya.

3. Hindari Terlalu Banyak Gorengan

Diet gampang saat bulan ramadanb
Sumber gambar: Freepik.com

Oh ya, journalist, ngomongin camilan satu ini dipastikan Anda susah untuk menolak kelezatan gorengan yang sudah menjadi menu andalan saat berbuka. Tetapi tahukah, jika mengonsumsi terlalu banyak gorengan, sejatinya tidak baik untuk kesehatan, bukan?

Gorengan cenderung mengandung terlalu banyak minyak yang dapat memicu beberapa penyakit dalam tubuh. Oleh karena itu, Anda bisa membuat menu makanan yang bisa divariasikan, seperti menu makan dengan direbus, dipanggang atau ditumis dengan minyak yang sedikit.

4. Perbanyak Makan Serat dan Protein

Diet aman saat puasa
Sumber gambar: Freepik.com

Makanan dengan karbohidrat kompleks seperti beras merah selain dicerna secara lama juga kandungan seratnya sangat tepat untuk menu sahur sehat. Serat yang terkandung di dalam karbohidrat kompleks membantu meningkatkan kadar glukosa darah yang baik dan membantu menjaga kestabilannya.

Daripada memilih menu yang mengandung banyak kalori, akan lebih baik jika menu sahur dan buka puasa dipenuhi serat dan protein. Serat lebih lama diserap dan dicerna oleh tubuh daripada kalori sehingga sangat baik untuk menu sahur. Anda bisa mempraktikkannya segera, ya,  cara diet saat bulan Ramadan dengan makan serat tersebut. Dijamin, turun 10 kilo selama bulan Ramadan bukanlah impian lagi.

5. Tidur yang Cukup

Diet saat puasa ramadan
Sumber gambar:Freepik.com

Ingin diet sukses saat puasa Ramadan? Ternyata kuncinya tidak hanya fokus pada makanan saja. Tidur yang cukup bisa menjadi cara ampuh menurunkan berat badan. Kurang tidur saat puasa akan mengacaukan sistem metabolisme.

Akibatnya, tubuh tidak membakar cadangan lemak secara efektif. Selain itu, kurang tidur juga meningkatkan kadar hormon ghrelin yang menyebabkan nafsu makan bertambah.

6. Kunyah Makanan Secara Perlahan

Diet aman saat puasa
Sumber gambar: Freepik.com

Menahan lapar dan haus seharian ketika berpuasa sering membuat sebagian orang kalap saat berbuka, ya, Womanholic. Alhasil, Anda akan mengunyah makanan yang masuk ke mulut dengan asal-asalan atau asal masuk saja.

Sebaiknya, Anda harus mengendalikan diri. Kunyah makanan sebanyak 20 sampai 30 kali sebelum menelannya. Ini untuk membantu lambung mencerna makanan setelah beberapa jam beristirahat dan juga menghindari risiko gangguan pencernaan. Mengunyah dengan benar juga membantu menurunkan berat badan, lho.

7. Tetap Berolahraga

Diet alami saat puasa
Sumber gambar:Freepik.com

Puasa tidak boleh dijadikan dalih untuk tidur-tiduran sepanjang hari dengan alasan menghemat tenaga. Anda harus tetap menjalankan kegiatan sehari-hari, bekerja dengan semangat, dan mencari waktu untuk berolahraga. Sit up menjelang berbuka, berlari-lari kecil di sekeliling rumah bisa jadi pilihan.

8. Jangan Abaikan Sahur

aturan diet saat puasa
Sumber gambar:Freepik.com

Sahur hukumnya sunnah. Meski demikian, Anda tidak boleh mengabaikan sayur dengan alasan agar berat badan cepat turun. Justru makan waktu sahur ini sangat penting untuk diet saat bulan Ramadan. Namun, jika Anda tetap melewatkannya, baik secara sengaja ataupun karena telat bangun.

Dipastikan saat datang waktu berbuka, Anda akan menyantap makanan secara berlebihan. Inilah menjadi penyebab proses diet Anda mengalami kegagalan.

Nah, Journalist, menurunkan berat badan selama puasa bukan lagi sekadar impian jika Anda menerapkan 8 cara mudah diet saat bulan Ramadan. Selamat mencoba,ya!